Senin, 12 November 2012

Pihak-pihaX dalam kuntansi


Pihak Pihak Yang Berkepentingan Pemakai Informasi Akuntansi

1.Pimpinan Perusahaan (Management)
                Akuntansi menyediakan data-data yang lengkap tentang transaksi –transaksi keuangan yang telah dilakukan perusahaan beserta akibat-akibatnya.Hal ini tentu sangat penting bagi pimpinan untuk menentukan kebijakan-kebijakan di masa yang akan datang.Itulah sebabnya disebutkan bahwa akuntansi bagi pimpinan Merupakan “Basanya perusahaan (Language of business)”dan sebagai “mata dan telinganya manajemen (the eyes and ears for managent)”.

2.Pemilik Perusahaan (owners)
                Jika pemilik terpisah dengan manajemen,maka laporan-laporan keuangan merupakan pedoman bagi pemilik untuk menilai manajemen dan mengetahui maju-mundurnya perusahaan.

3.Para Pegawai (Employers)
                Untuk mengetehui maju mundurnya perusahaan tempat mereka bekerja,karene hal ini berhubungan langsung dengan penghasilan mereka.

4.Para Kreditur(Creditors)
                Kemampuan perusahaan untuk mengembalikan pinjamannya dapat dilihat dari laporan-laporan keuangannya.Hal ini sangat penting  bagi para kreditor dalam memutuskan apakah mereka akan memberi pinjaman atau tidak.

5.Para Investor / Calon Investor (Investors)
                Untuk menanamkan modalnya tentu para investor akan memilih perusahaan yang paling banyak mendatangkan laba.Besarnya laba atau rugi suatu perusahaan akan dapat diketahui dari laporan-laporan keuangannya.

6.Pemerintah (Goverment)
                Untuk menentukan besar kecilnya pajak yang akan dipungut didasarkan pada besar-kecilnya laba perusahaan.

7.Penduduk (Peoples)
                Terhadap perusahaan negara atau keadaan keuangan negara pada umumnya,karena langsung tidak langsung keadaan keuangan suatu negara mempunyai pengaruh kepada kehidupan warga negara.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar