Kamis, 08 November 2012

AkUn-Akun Dalam PerUsaHaan Dagang


.AKUN-AKUN DALAM PERUSAHAAN DAGANG

            Dalam Perusahaan Dagang terdapat akun-akun yang belum ada di perusahaan Jasa , antara lain sebagai berikut :
 
            1.Akun Pembelian adalah akun untul mencatat pembelian barang dagangan yang dilakukan    baik secara tunai maupun secara kredit.Bukti transaksinya faktur untuk Transaksi Kredit dan nota/kutansi untuk Transaksi Tunai.
            2.Akun Penjualan adalah akun untuk mencatat penjualan barang dagangan yang dilakuan baik secara tunai maupun kredit.Bukti Transaksinya Faktur atau bukti penerimaan kas.
            
3.Akun Retur Pembelian dan Pengurangan Haga adalah akun untuk mencatat Pengembalian barang dagangan yang telah dibeli kepada penjual karena rusak atau tidak sesuai dengan pesanan.Bukti Transaksi yang digunakan adalah Nota Debit.

4.Akun Retur Penjualan dan Pengurangan Harga adalah akun untuk mencatat penerimaan kembali barang yang telah dijual dari pembeli karena rusak atau tidak sesuai dengan perusahaan.Bukti Transaksi yang digunakan adalah Nota Kredit.

5.Akun Utang Dagang adalah akun yang timbul karena adanya pembelian barang dagangan secara Kredit.

6.Akun Piutang Dagang adalah akun yang timbul karena adanya penjualan barang dagangan secara Kredit.

7.Akun Potongan Pembelian adalah akun untuk mencatat potongan yang diterima dari penjual karena dapat melunasi utnag dalam jangka waktu potongan .Bukti Transaksi yang digunakan yaitu “Kuitansi”atau “Bukti Pengeluaran Kas”.

8.Akun  Potongan Penjualan adalah akun untuk mencatat potongan yang diberikan oleh penjual karena penerima pelunasan Piutang  dalam jangka waktu potongan.Bukti yang digunakan yaitu “Kuitansi atau “Bukti Kas Masuk”.

9.Akun Beban Angkut Pembelian adalah akun yang timbul karena pembayaran beban angkut pembelian barang yang ditanggung pembeli.

10.Akun Beban Angku Penjualan adalah akun yang timbul karena pembayaran beban angkut penjualan barang yang ditanggung penjual.

11.Persediaan Barang Dagangan adalah akun untuk mencatat jumlak atau nilai barang dagangan yang ada dalam perusahaan.
           

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar